Ming. Apr 14th, 2024

Lenterahukum21.com – Jatijajar, Anggota DPR RI Komisi IX Dra.Hj.Wenny Haryanto SH mensosialisasikan Gerakan masyarakat (Germas) hidup sehat di Kota Depok, Rabu (12/7/2023). Wenny mengatakan gerakan ini adalah tugas bersama dalam hal hidup sehat dan menjaga lingkungan juga tetap bersih dan sehat.

Menurut Wenny, dia dan narasumber lainnya mengenalkan Gerakan Masyarakat (Germas) hidup sehat kepada ratusan peserta yang didominasi kaum perempuan dan milenial.

“Prinsipnya, kita memperkenalkan gerakan masyarakat hidup sehat kepada masyarakat. Jadi apa-apa saja yang harus kita kerjakan, supaya kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal untuk tetap sehat,” ujarnya dia.

Lebih lanjut, Wenny membeberkan, pihaknya juga sudah menyerap keluhan dari masyarakat terkait sejumlah obat yang tidak tercover dalam BPJS Kesehatan. Bahkan, Komisi IX DPR RI sudah mengkordinasikan hal tersebut dengan Kemenkes dan instansi terkait.

Dalam kegiatan itu Wenny juga menggandeng Direktorat Produksi dan distribusi alat kesehatan (Alkes), Direktorat Komunikasi, informasi,edukasi keamanan dan mutu alat kesehatan, perbekalan kesehatan rumah tangga, Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI).

“Betul, itu adalah masukan yang banyak kami terima dari masyarakat dan itu juga yang sering kami pertanyakan kepada Kemenkes dan ke BPJS supaya dilengkapi dan jangan sampai terjadi lagi ada kekosongan obat itu bukan hanya di Depok tetapi di seluruh Indonesia,” tuturnya Wenny.

Wenny mengatakan saat ini peserta BPJS di Kota Depok sudah hampir 94 persen. Jadi tinggal sekitar 6% lagi untuk semua. “Kita berharap mereka yang belum terdafar untuk segera mendaftar. Karena kalau memang tidak mampu, kita usahakan masuk di BPJS yang Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan,” ujar Wenny.

Selain terkait BPJS, dalam sosialisasi itu Wenny juga menjelaskan program yang disusungnya antara Balai Latihan Kerja (BLK) untuk khusus pesantren-pesantren. Kemudian program padat karya untuk yayasan, kemudian terkait infrastruktur perbaikan jalan, drainase, turap, MCK spitank, dan lain-lain. Dan juga ada TKM (Tenaga Kerja Mandiri) ini terkait UMKM.

Selain Wenny, acara sosialisasi juga dihadiri Nurul Hidayah dari Kemenkes, Ida Waty dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Perwakilan Dinkes Kota Depok, Sekcam Tri Sutanto, Lurah Jatijajar Mujahidin ,Babinsa,Bimaspol, juga dihadiri 500 warga kelurahan Jatijajar dari seluruh unsur.

Sementara Nurul Hidaya dari Kemenkes RI Direktorat Produksi dan Distribusi Alkes, Direktorat Kefarmasian dan Alkes, memberikan edukasi kepada warga yang hadir, akan pentingnya Alkes, mutu dan perbekalan kesehatan rumah tangga. (ki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *