Kam. Jul 25th, 2024

Jakarta, 14 Juni 2024 — Sekretaris Jenderal (Sesjen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti, melantik 43 pejabat di lingkungan Kemendikbudristek yang terdiri dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas, serta Pejabat Fungsional, pada Kamis (13/6). Dalam sambutannya, Suharti menekankan pentingnya optimalisasi dana pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional.

“Dalam upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045, pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan sistem pendidikan nasional dengan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi setiap anak bangsa agar dapat menuntut ilmu setinggi-tingginya,” ujar Suharti.

Suharti menambahkan bahwa Kemendikbudristek menyediakan berbagai dana bantuan pemerintah di bidang pendidikan melalui program Program Indonesia Pintar (PIP), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Unggulan maupun Beasiswa Pendidikan Indonesia, pemberian tunjangan bagi tenaga pendidik maupun berbagai program afirmasi pendidikan.

Adapun pejabat yang dilantik yaitu, Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Kepala Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri, dua pejabat administrator, dua pejabat pengawas, dan 37 pejabat fungsional.

Kepada Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Adhika Ganendra, Suharti menyatakan bahwa besarnya dana bantuan pendidikan menjadi tantangan tersendiri bagi unit pengelola. “Kepada kepala Puslapdik, kami minta untuk memastikan seluruh dana bantuan yang diberikan tepat sasaran, dan segera menyusun langkah-langkah inovatif untuk mengakselerasi penyampaian bantuan pendidikan,” tegas Suharti.

Kemudian kepada Anwar Sidarta selaku Kepala Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri, Suharti berharap agar dapat memperkuat kolaborasi antara akademisi, industri, dan pemerintah untuk menghasilkan berbagai inovasi dan memastikan lulusan yang siap menghadapi tantangan sektor industri yang terus berkembang. Hal tersebut sangat berkontribusi pada penciptaan ekonomi berbasis pengetahuan dan mendorong pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Suharti juga berharap kepada pejabat Administrator dan Pengawas, baik pada unit utama maupun perguruan tinggi negeri agar mampu menjadi pembimbing, pemberi solusi dari segala problematika yang muncul di lapangan, serta menjadi penerjemah kebijakan-kebijakan organisasi yang dapat diandalkan oleh para pimpinan.

Selanjutnya kepada pejabat fungsional perencana, arsiparis, pranata komputer, dan analis sumber daya aparatur yang hari ini dilantik, Suharti berharap agar 37 pejabat fungsional tersebut dapat mengoptimalkan kompetensi yang dimiliki. Terlebih dalam setiap jabatan memiliki peranan yang sangat penting dan berkontribusi besar dalam percepatan target dan juga kinerja organisasi.

Pada akhir sambutannya, Suharti berterima kasih kepada Abdul Kahar selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Puslapdik dan Saryadi selaku Plt. Kepala Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri atas dedikasi mereka selama memangku jabatan tersebut.

Menutup sesi pelantikan, Suharti berpesan kepada pejabat yang dilantik. “Tetap semangat untuk melanjutkan pengabdian sebagai ASN. Akhir kata, semoga kita semua diberi kekuatan untuk menjalankan amanah memimpin pembangunan di bidang pendidikan dan kebudayaan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” tutupnya.

(Riski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *